Saturday 28 December 2013

Resmi kiper Atletico ke BARCELONA

Berita Bola - BARCELONA Pilar pertahanan Barcelona menjadi sektor yang berkurang kekuatannya, menjelang paruh kedua La Liga musim ini setelah Victor Valdes mengalami cedera. Situasi ini membuat Azulgrana putar otak mencari kiper lain untuk diboyong ke Camp Nou. 

Tak banyak pilihan di bursa transfer Januari ini. Pepe Reina yang musim panas lalu digadang-gadang bakal diboyong kembali ke Camp Nou, nampaknya masih akan bertahan di Napoli. Mantan jebolan La Masia, yang kemudian merantau ke Villareal dan Liverpool itu juga belum terlalu percaya diri.

Barcelona memang belum memberikan sinyal kepada kiper berkepala plontos ini. Sebab itu, kemungkinan besar Reina meneruskan masa peminjamannya di Napoli, dan kembali ke Liverpool musim panas nanti.

Kabarnya kiper Chelsea Thibaut Courtois yang sedang dalam masa peminjaman di Atletico Madrid lah yang menjadi incaran Barca. Masuknya nama kiper Belgia itu dalam radar pelatih Gerrardo Martino sejalan dengan performa apiknya musim ini. Pelatih Diego Simeone selalu mempercayakannya tempat dalam 17 laga Primera Division. Sejauh ini, ia kebobolan 11 gol, dan 8 kali sukses melewati laga tanpa kebobolan.

Valdes telah absen sejak November lalu setelah mendapat cedera ketika membela Spanyol dalam laga persahabatan kontra Afrika Selatan. Walaupun sudah pulih dan siap menjalani latihan kembali, pihak klub tetap harus segera mencari penggantinya karena kiper yang juga produk akademi Barcelona itu telah menolak perpanjangan kontrak, dan kemungkinan hengkang pada akhir musim. Persoalan ini nampaknya akan memuluskan langkah Courtois ke Camp Nou.

Seperti dikabarkan media setempat Marca, Jumat 27 Desember, Courtois juga telah melakukan pembicaraan dengan Barcelona dan kedua pihak telah menemui kesepakatan. Pihak Chelsea sendiri telah membanderol kiper asal Belgia seharga 20 juta euro atau setara dengan Rp250 miliar.

Chelsea sebagai pemilik belum menganggap kiper 21 tahun itu aset yang harus segera ditarik ke London. The Blues masih memiliki Petr Cech yang tak tergantikan. Jika ingin mencari kiper dari luar, Mourinho pun nampaknya lebih tertarik untuk bereuni dengan mantan anak didiknya di Real Madrid, Diego Lopez, ketimbang Courtois yang sejak dibeli Chelsea 2011 lalu langsung dipinjamkan ke Atletico.